Strategi Bersaing Haier Group (http://www.haier.com/id/)
Profil
Haier
Haier adalah perusahaan yang memproduksi
peralatan dan berbagai kebutuhan rumah tangga, berdiri pada tahun 1984 di
Qingdao, Cina. Haier telah berkempang pesat menjadi perusahaan global. Haier
berkembang dari pabrik yang kecil, yang hampir bangkrut, menjadi perusahaan
yang beromset 163 miliar Yuan atau sekitar 258 triliun lebih dengan kurs 1 CHY
= Rp. 1.583. Perusahaan ini telah memiliki 5 pusat R&D, 61 perusahaan
perdagangan, dan memiliki 80.000 karyawan di seluruh dunia. Berdasarkan rilis
dari Euromonitor – sebuah lembaga survei konsumen (www.euromonitor.com), Haier telah 4 tahun berturut-turut
menjadi puncak daftar merek alat rumah tangga, dan berada pada peringkat 8
perusahaan paling inovatif di tahun 2012 yang dirilis oleh The Boston
Consulting Group.
Pusat
R&D dibangun di AS, Eropa, China, Jepang, dan Australia. Haier menjalin
kerjasama dengan lebih dari 200 pemasok, lembaga penelitian, universitas, serta
perusahaan yang memiliki inovatif yang tinggi, sehingga perusahaan ini bisa
menjadi perusahaan eko-lingkungan yang melibatkan lebih dari 1,2 juta ilmuwan dan insinyur
melalui media virtual. Tahun 2012 Haier telah menerapkan 13.952 paten, dan
memenangkan 8.987 paten, disamping telah mengajukan juga 84 standar
internasional untuk peralatan rumah tangga yang diproduksi untuk digunakan di
China. Penelitian-penelitian yang dibuat oleh Haier bersama mitra strategisnya,
telah banyak menghasilkan produk peralatan rumah tangga nirkabel. Di China
lebih dari 30.000 toko Haier, dan 199.000 kantor pemerintahan setingkat desa
yang menikmati hasil inovasi Haier dalam teknologi memberikan pelayanan optimal
secara virtual terhadap konsumen mereka. 90 pusat distributor, dengan disokong
oleh 2.800 distribusi cabang, sehingga memungkinkan Haier untuk mengantarkan
produk kurang dari 24 jam dan lebih dari 1500 kota setingkat kecamatan dalam
waktu 48 jam dihitung dari pusat distribusi, sehingga cara distribusi Haier ini
menararik perhatian dari GE dan perusahaan lainnya.
Saat
sekarang haier dipimpin oleh seorang CEO yang bernama Zhang Ruimin, seorang
ekonom senior China, dan tokoh dunia dalam bidang enterprenership. Zhang
merupakan founder Haier Group. Zhang
percaya perusahaan akan sukses sejalan dengan waktu, dan keberhasilan itu
ditentukan oleh bagaimana mengemas waktu sebaik mungkin.Tahun 2012 Haier
berkolaborasi dengan SANYO, raksasa elektronik Jepang dalam memasarkan
produk-prouknya. Kini perkembangan Haier sangat pesat, berkat dukungan Sanyo
melalui karyawan yang berdedikasi dengan jumlah sekitar 450 karyawan di seluruh
Indonesia. Jaringan distribusi Sanyo saat ini berjumlah 12 cabang dan 5 sole
agent, sementara jaringan service center sebanyak 17 kantor dan jumlah authorized service lebih
dari 20 kantor. Jaringan distribusi Sanyo didukung oleh lebih dari 1000 outlet
penjualan. Sejak kolaborasi Haier dan Sanyo, jaringan distribusi tradisional
dan modern outlet berkembang dan meluas. Seluruh distribusi dan layanan
jaringan telah menyebar secara nasional.
Haier
akan selalu memproduksi produk-produk yang ramah terhadap manusia dan
lingkungan untuk menyelamatkan bumi, didukung oleh Sanyo sebagai perusahaan
terkemuka untuk bidang energi dan lingkungan. Karena mengerti akan 'kebutuhan hidup', Haier bersinergi
dengan Sanyo. Hasilnya adalah jenis produk yang sangat lengkap untuk memenuhi
semua kebutuhan konsumen Indonesia yang dapat Menginspirasi Hidup.
Visi
Misi dan Doktrin
Visi Misi Haier adalah menjadi pemimpin
dalam industri dan menjadi pilihan pertama pengguna, penyedia utama untuk
solusi kehidupan yang lebih baik, tanpa henti melakukan inovasi, menjadi
pemimpin dalam memberikan pelayanan kepada konsumen.
Doktrin
Haier : terus berinovasi, membangun mekanisme, dan platform, serta membudidayakan,
dan terus menerus menciptakan nilai bagi pelanggan.
Core
Nilai Haier :
Konsumen/Pengguna produk selalu benar,
perusahaan (Haier) perlu mengimprovisasi diri terus menerus, konsumen selalu
benar. Haier tidak hanya mencoba yang terbaik bagi konsumen, tetapi juga
membuat berbagai pilihan bagi pengguna, terus menerus memperbaiki diri, karena
dengan cara ini bisa menjawab tantangan dari konsumen.
Spirit
Haier : Kewirausahaan dan Roh Inovasi. Jiwa inilah yang harus dimiliki oleh
karyawan. Karyawan menjadi CEO bagi diri mereka sendiri.
Strategi
Bisnis Haier
Sejak didirikan sampai sekarang strategi
Haier dapat dilihat dari matrik berikut ini :

1980-an.
(Brand Building Strategy)
Pada era ini banyak terjadi permintaan
terhadap peralatan rumah tangga, sehingga banyak perusahaan hanya mementingkan
skala ekonomi, hanya fokus kepada output dengan mengabaikan kualitas dalam arti
luas, tidak memperhatikan manajemen mutu secara komprehensif. Sebaliknya Haier
tetap fokus membangun kualitas produk, dan membangun manajemen mutu secara komprehensif,
sehingga ketika pasokan melebihi permintaan – Haier memenangkan keunggulan
kompetitif melalui kualitas yang unggul.
1990-an
(Staregi Diversifikasi)
Pada masa ini, China mendorong perusahaan
untuk melakukan merger dan akuisisi, sehingga 18 perusahaan menyatukan diri
dengan Haier, yang menyebabkan perusahaan-perusahaan menerima budaya perusahaan
Haier. Pada saat ini terjadi persaingan sengit di pasar alat rumah tangga
berupa perang harga, sementara kualitas menjadi pilihan konsumen, maka Haier memberikan
pelayanan yang optimal sehingga bisa memberikan layanan yang optimal. Haier
memiliki keunggulan kompteitif dengan kualitas produk yang diiginkan konsumen.
Haier melakukan kontrol keseluruhan secara jelas, setiap orang yang ada dalam
perusahaan setiap hari dengan tujuan untuk mencapai apa yang direncanakan
setiap hari, mengevaluasi dan memperbaiki apa yang dicapai setiap hari.
Strategi ini juga untuk menetapkan strategi memasuki pasar internasional.
1998
(Strategi Internasional)
Sejalan dengan masuknya China ke WTO, maka
secara otomatis mendongkrak produk-produk dalam negeri China untuk go
internasional. Namun Haier menghadapi tantangan yang berat, sehingga mereka
tetap fokus terhadap perkembangan dalam negeri, sambil menyusun strategi .
Haier memutuskan 3 (tiga) langkah strategi untuk bisa memasuki pasar
Internasional, yakni Fokus kepada Kepemimpinan pasar, menjadi yang pertama
walaupun itu sulit, namun yakin itu akan mudah nantinya, serta strategi yang
ketiga menciptakan merek-merek terkenal di negara maju. Haier memasuki negara
berkembang dengan penciptaan pola three
in one, yakni : desain, pabrik, dan penjualan menjadi satu tempat. Pada
fase ini juga Haier sudah memanfaatkan teknologi untuk memaksimalkan “Rantai
Pasar” serta karyawan diminta untuk menyelaraskan dengan keinginan konsumen.
Akhir
2005 (Strategi brand Global)
Pada era ini telah terjadi pergeseran fokus
kepada konsumen, dari yang sebelumnya berfokus kepada kebutuhan pengguna, yang
artinya berkosentrasi kepada produk, berubah menjadi lebih fokus kepada
pelayanan kepada konsumen. Haier memaknai dengan masuknya mereka ke pasar
internasional berarti menciptakan merek internasional dengan sumber daya
perusahaan sendiri. Sementara globalisasi dimaknai dengan memanfaatkan sumber
daya global dan R & D, memproduksi dan memasarkan merek global tersebut.
2012
(tahap networking strategy)
Haier betul-betul melaksanakan prinsip,
“perusahaan yang sukses bergerak dengan waktu” Haier berkosentrasi dalam dua
aspek, yakni : jaringan pasar dan jaringan perusahaan. Pada jaringan pasar,
semuanya didasarkan pada jaringan yang dibuat oleh pasar, seperti pada
perusahaan lain. Untuk aspek yang kedua, jaringan perusahaan yakni jaringan yang
dibangun oleh semua karyawan berdasarkan tujuan yang telah ditetapkan
perusahaan. Dibagun jaringan dengan skala yang besar, desain produk, dan
distribusi sesuai dengan kebutuhan pengguna.
Merek-Merek
Produk dalam jaringan Haier Group
1.
Leader
Merupakan
produk yang desainnya dirancang oleh konsumen melalui internet. Sehingga dengan
cara ini Leader betul-betul menjadi pemimpin bagi produk-produk pesaing.
Sebagai contoh kulkas yang dibuat berdasarkan permintaan konsumen, dimana
konsumen menginginkan daging yang dibekukan, ketika dipotong tidak perlu di unfrezzing, sehingga konsumen dapat
memotong daging tersebut dengan mudah. Leader juga menjadi merek untuk produk
mesin cuci, AC dan TV. Sampai saat ini telah terjual 2 juta unit lebih untuk
berbagai macam produk Leader. Leader memberikan jaminan terhadap produk yang
diproduksi tersebut aman dan tahan lama, karena komponen dalam produk Leader
menggunakan standar dari GE.
2. Casarte
Adalah produk premium yang artistik untuk
konsumen kalangan atas. Nama merek "Casarte" berasal dari kata Italia
"La Casa", yang merupakan singkatan dari "Home", dan
"Arte" yang berarti "Seni". Casarte demikian kombinasi dari
kedua kata - "Art of Home".
Untuk produk ini Casarte memiliki delapan pusat desain, 28 kerjasama penelitian (termasuk dengan Massachusetts Institute Technology) dan lebih dari 300 desainer. Lebih dari 380 jenis produk, untuk berbagai produk rumah tangga seperti AC, mesin cuci, mesin cuci piring, pemanas air, toaster, juicer, cangkir penghangat air, dan berbagai produk rumah tangga lainnya.
3. Haier
2 produk di atas (Leader dan Casarte) diproduksi
dengan spesifikasi yang sudah masing-masing. Leader dibuat berdasarkan desain
yang dirancang oleh konsumen, sementara Casarta produk dengan mengedepankan
arstistik desain produk. Untuk produk merek Haier sendiri diproduksi massal
dengan tetap memperhatikan keunggulan-keunggulan yang dimiliki oleh Haier.
Haier grup didukung oleh layanan purna jual,
dengan menyediakan call centre, sehingga konsumen dapat menelepon 24 jam, dan
service yang tepat dan tanggap.
sumber : http://www.haier.com/id/
http://www.haier.net/en/

Tidak ada komentar:
Posting Komentar